Kamis, 20 Oktober 2016

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Sehat


Telinga adalah salah satu indera yang sangat penting untuk tubuh kita. Fungsi telinga sebagai indera pendengar dan  sebagai penjaga keseimbangan tubuh. Menjaga kesehatan telinga adalah sesuatu yang sangat penting agar pendengaran kita sehat dan berfungsi dengan baik. Untuk itulah kita sangat perlu mengetahui berbagai cara merawat telinga kita dengan benar dan tepat.

Dengan cara merawat telinga dengan benar dan tepat, pastinya anda akan bisa mendengar secara optimal dan terhindar dari penyakit. Pasalnya, fungsi telinga tidak hanya sebagai pendengar. Tetapi juga digunakan untuk keseimbangan tubuh kita.

Setiap hari, telinga memiliki cara untuk membersihkan dirinya sendiri. Dengan cara memproduksi serumen atau cairan yang bewarna kuning di dalamnya. Cairan normal inilah yang biasa akan keluar dan di produksi saat kita tidur. Keluaran cairan ini akan menjadi sangat bermanfaat dan berfungsi untuk menangkap kotoran pada telinga. Selain menangkap kotoran, cairan yang disebut serumen ini pun juga menangkap debu,binatang kecil atau kuman yang masuk pada telinga. Cairan ini memiliki anti bakteri yang berfungsi untuk membunuh kuman serta menjaga kelembapan pada telinga. Lalu bagaimanakah cara agar kita untuk merawat telinga secara "manual"?


Cara merawat telinga dengan benar 

Memiliki telinga yang berfungsi dengan normal dan maksimal, dapat membuat menjalani aktivitasmu dengan normal. Pendengaran telinga yang normal dan maksimal pastinya dalam perawatannya juga menggunakan cara yang benar dan tepat. Nah,berikut adalah beberapa tips dalam merawat telinga dengan cara yang benar dan tepat.
  • Jangan Menggunakan Cotton bud

Membersihkan atau mengorek telinga dengan menggunakan cotton bud tidak benar. Karena jika menggunakan maka anda akan mendorong kotoran ke dalam bukan keluar. Bahkan jika tidak berhati-hati,maka korek kuping tersebut uga bisa melukai organ di dalam telinga.

Sangat disarankan untuk menggunakan alat pembersih khusus telinga, dan bukan cotton bud. Alat tersebut biasanya banyak di jual di apotek. Namun, jangan terlalu sering menggunakan alat tersebut jika telinga masih normal.
  • Mengunyah Makanan dengan Baik
Kotoran di telinga juga dapat dikeluarkan secara otomatis dengan cara mengunyah makanan. Melakukan cara mengunyah makanan dengan tepat juga dapat mendorong telinga untuk mengeluarkan kotoran. Untuk membuktikannya, anda bisa mencoba mengunyah permen karet.
  • Terapi Lilin Dapat Mengangkat Kotoran di Telinga

Melakukan terapi lilin juga akan sangat membantu anda dalam mengeluarkan kotoran yang ada di dalam telinga. Cara melakukannya adalah, anda cukup membeli lilin untuk terapi telinga kemudian bakar dan gunakan sesuai petunjuk yang diberikan.
  • Jangan Menggaruk Telinga Karena Dapat Membuat Telinga Infeksi.
Jika telinga anda gatal, jangan menggaruknya karena dapat membuat telinga menjadi infeksi.
Segera hubungilah dokter jika terjadi infeksi pada telinga anda.
  • Perawatan Rutin
Melakukan perawatan rutin dan berkonsultasi ke dokter sangatlah penting dan dianjurkan. Berkonsultasi ke dokter THT(Telinga Hidung Tenggorokan) akan sangat membantu kesehatan terutama telinga anda. Selain itu, kita juga dapat mencegah timbulnya penyakit yang tidak kita sadari.
  • Bersihkan Daun Telinga Anda Dengan Baby Oil 
Membersihkan area luar telinga atau daun telinga adalah hal yang harus diutamakan agar terhindar dari kotoran yang menumpuk. Anda dapat menggunakan baby oil dan juga cotton bud dalam hal ini dengan seksama agar tidak ada kotoran yang menumpuk.
  • Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar
Menjaga lingkungan sekitar dapat membantu menjaga kesehatan telinga anda. Kebersihan tersebut terutama di kamar tidur  seperti bantal,kasur,guling ,pakaian, dll. Melakukan kebersihan pada lingkungan sekitar juga dapat membantu mencegah  timbulnya penyakit yang berada di telinga.

Itulah beberapa cara agar merawat telinga agar tetap sehat. Semoga bisa bermanfaat buat anda agar selalu merawat kesehatan telinga anda karena telinga adalah  asalah satu organ vital yang sangat berguna bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar